Fraksi Gerindra DKI Kritik Anies Gegara Rotasi Kepala Badan Pajak

Ridhmedia
09/01/20, 08:40 WIB

Ridhmedia - Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta S Andyka mengkritik rotasi pejabat yang dilakukan oleh Gubernur Anies Baswedan. Dia tidak setuju dengan langkah Anies merotasi Faisal Syafruddin dari Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) ke Kepala Badan Pembina BUMD.

"Yang diganti kan mitra Komisi C, Pak Faisal. Dia dari Pajak ke BP BUMD. Kita lihat kinerja Pak Faisal sudah bagus, lakukan terobosan. Kita lihat bahwa ini tidak proporsional, tidak objektif dalam menempatkan orang per orang," kata S Andyka yang juga merupakan anggota Komisi C, saat dihubungi, Kamis (9/2/2020).

Dia menyebut, seharusnya Faisal dipertahankan di BPRD. BPRD disebut Andyka lebih strategis daripada BP BUMD.
Strategis dan langsung. Langsung bagaimana? Meningkatkan. Badan Pengelola (BP) kan nggak bertanggung jawab meningkatkan. Berapa sih deviden? Lebih banyak PMD (penyertaan modal daerah) nya daripada deviden," kata Andyka.

Menurut Andyka, Faisal bekerja baik pada tahun 2019. Dari 13 jenis pajak, Faisal hanya kurang di pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Kekurangan itu pun dimaklumi oleh Andyka.

"Yang tidak tercapai satu, yaitu BPHTB. BPHTP, kita tahu transaksi jual beli di Jakarta bahkan dunia turun semua. Dari target Rp 9,5 triliun BPHTP kita cuma dapat Rp 5 triliun. Cuma itu saja yang tidak tercapai," ucap Andyka.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta melantik 10 pejabat termasuk Faisal Syafruddin. Faisal yang dulu menempati posisi Kepala BPRD diangkat menjadi Kepala BP BUMD. Sehingga, posisi Kepala BPRD dijabat oleh pelaksana tugas.(dtk)

Komentar

Tampilkan

Terkini