Musa Ibnu Nusair, Sang Mujahid Pembebas Spanyol

Ridhmedia
07/02/13, 15:31 WIB

 Ia panglima perang yang berhasil membebaskan beberapa daerah Barat. Saat berada di puncak kekuasaan, ia lebih suka memutus karirnya: pulang kampung!!
Dalam sejarah Islam, Musa Ibnu Nusair dikenal sebagai sang pembebas yang tidak hanya memperluas daerah kekuasaan, melainkan juga membebaskan warganya dari kezaliman. Tidak hanya itu, ia pun pembangkit, pelindung dan penyokong peradaban serta kebudayaan.
Sangat berbeda dengan tokoh-tokoh sejarah lain, menyerupai Jenghis Khan, Hulagu, Atilla, atau Hanibal, yang menjajah dan menghancurkan peradaban dan kebudayaan bangsa-bangsa yang mereka taklukkan. Di bawah kekuasaan Musa bin Nusair, Eropa khususnya Spanyol, mengalami kemajuan pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan budaya, sehingga negeri Matador itu mencapai puncak kemajuan.
Musa Ibnu Nusair lahir pada 640 M. Ia putra seorang kepala polisi dalam pemerintahan Abdul Malik. Musa kecil tumbuh menjadi anak pemberani dan cerdas. Bakat kepemimpinannya tampak semenjak ia masih muda. Tak heran kalau Khalifah Abdul Malik mengangkatnya sebagai pengurus Pajak di Basrah, Irak. Karena berhasil menjalankan kiprah dengan baik, belakangan ia ditunjuk sebagai Raja Muda, semacam Gubernur di Afrika.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+