15 Manfaat Hubungan Intim Bagi Kesehatan (No. 9 Enggak Disangka).

Ridhmedia
05/03/19, 06:55 WIB

Siapa yang enggak suka seks? Di samping fungsinya buat menghasilkan keturunan, berhubungan intim menjadi cara terbaik buat menjaga keharmonisan rumah tangga Kalian serta pasangan. Tak cuma itu, nikmatnya melakukan hubungan intim juga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun psikis. Lantas, apa saja manfaat hubungan intim?

15 Manfaat Hubungan Intim bagi Kesehatan

Bercinta dengan pasangan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun psikis Kalian jika dilakukan secara rutin. Berikut ini manfaat hubungan intim yang WAJIB Kalian ketahui.

1. Menghambat Penuaan


Manfaat hubungan intim yang pertama yakni menghambat proses penuaan. Fakta ini disampaikan oleh dr. David Weeks, ahli psikologi dari Royal Edinburgh Hospital, Inggris. Menurutnya, pria maupun wanita yang rutin bercinta mempunyai wajah yang terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Efek wajah menjadi awet muda ini disebut-sebut terkait dengan proses pelepasan endorfin serta hormon HGH sehabis berhubungan badan yang mana hal tersebut efektif memperbaiki kesehatan kulit, termasuk menghilangkan keriput serta mengencangkan kulit.

2. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Peneliti dari Oxford University, UK menjelaskan bahwasanya hubungan seks berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi otak, enggak terkecuali menjaga daya ingat. Dalam penelitian tersebut, diketahui Jika pada saat hubungan intim berlangsung, otak aktif memproduksi sel-sel baru dalam jumlah yang banyak.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wilkes University, Pennsylvania, AS menghasilkan fakta jika frekuensi hubungan badan 1-2 kali dalam seminggu efektif meningkatkan kualitas antibodi.

Hal ini lantas juga diamini oleh pakar seks dr. Yvone Fulbright, Ph.D yang berkata jika orang yang rutin melakukan hubungan intim lebih jarang sakit Dibanding mereka yang jarang melakukannya.

Kendati begitu, jangan serta merta cuma mengandalkan manfaat hubungan intim buat menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh. Imbangi juga dengan aktivitas sehat lainnya seperti olahraga serta rajin mengonsumsi makanan bergizi.

4. Membakar Kalori

Sama halnya seperti berolahraga, berhubungan seks yakni kegiatan yang dapat membakar kalori. Bahkan, menurut direktur medis di klinik The Rocking Chair, New Jersey, AS, dr. Naomi Greenbalt, hubungan intim mampu membakar 250 kalori.

Seks tentu saja menjadi cara sehat serta nikmat tiada dua buat Kalian membakar kalori. Bagaimana, manfat hubungan intim yang satu ini pastinya menjadi kabar baik buat Kalian yang mengidam-idamkan tubuh ideal, bukan?

5. Meredakan Nyeri pada Tubuh

Tubuh Kalian sering mengalami nyeri? tidak cuma mengonsumsi suplemen atau obat penghilang rasa nyeri, berhubungan intim ternyata juga mungkin solusi jitu buat mengurangi nyeri, lho.

Manfaat hubungan intim buat meredakan nyeri ini didapat karna pada saat Kalian mengalami orgasme, aliran darah bakal terstimulasi sehingga mampu mengurangi rasa nyeri, seperti nyeri pada saat menstruasi.

Ini diperkuat dengan pernyataan dari spesialis kandungan di Amerika Serikat, dr. Alyse Kelly-Jones, Jika orgasme efektif dalam memperkokoh otot panggul karna aliran darah ke area tersebut lancar serta menyebabkan kram mereda.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat Kalian serta pasangan mencapai klimaks alias orgasme, tubuh bakal melepaskan hormon yang dinamakan prolaktin. Efek dari terlepasnya prolaktin ini yakni perasaan rileks serta kantuk. Kalian berdua dijamin bakal tidur dengan sangat nyenyak pasca bercinta.

7. Meningkatkan Gairah Seksual (Libido)

Gairah seksual yang mengalami peningkatan yakni manfaat hubungan intim lainnya yang bisa Kalian rasakan. Sejumlah penelitian menjelaskan jika frekuensi hubungan seksual 2 kali dalam seminggu serta konsisten mampu meningkatkan hasrat seksual, pun menambah volume cairan pelumas yang keluar dari vagina.

8. Mood Booster

Hormon endorfin yakni hormon yang dikeluarkan tubuh saat tengah melakukan hubungan badan. Keluarnya endorfin dari dalam tubuh bakal memengaruhi suasana hati Kalian menjadi lebih baik. Segala kepenatan, emosi, serta perasaan negatif lainnya sekejap hilang saat hormon satu ini dilepaskan.

Selain endorfin, ada juga hormon oksitosin atau diketahui sebagai ‘hormon cinta’ yang sama-sama memberikan efek menyenangkan serta mampu mempererat chemistry di antara Kalian berdua.  Hormon ini keluar saat tubuh menerima rangsangan seksual, seperti rangsangan pada puting susu serta beberapa bagian sensitif tubuh lainnya.

Sudah jelas Jika bercinta yakni mood booster terbaik yang bisa Kalian lakukan, bukan? Tubuh serta pikiran yang lelah sehabis pulang kantor atau aktivitas lainnya seketika sirna saat Kalian serta pasangan memadu kasih di atas ranjang.

9. Mencegah Serangan Jantung

Sudah nikmat tiada dua, manfaat hubungan intim juga enggak main-main, lho. Ya, siapa sangka Jika rutin melakukan hubungan badan dengan pasangan efektif dalam mencegah serangan jantung di kemudian hari.

Ini karna seks dapat mencegah terjadinya penumpukan zat homosistein. Sebagai informasi, homosistein yang menumpuk lama-kelamaan dapat menyebabkan pembekuan darah di area jantung. Darah yang membeku tersebut Telah pasti meningkatkan risiko serangan jantun secara tiba-tiba.

10. Mengatasi Stres

Stres yang memuncak tentu saja bakal mengganggu kehidupan kita. Slah satu cara menghilangkan stres yang bisa Kalian lakukan yakni dengan bercinta. Manfaat berhubungan intim buat meredakan stres dikarenakan saat Kalian tengah memadu kasih dengan pasangan tercinta, tubuh bakal melepaskan hormon dopamin serta endorfin yang memberikan efek lega, puas, serta bahagia enggak terkira, terutama saat mencapai orgasme.

Berhubungan intim juga mampu meningkatkan suasana hati serta menurunkan kadar stres yang diterima tubuh lewat otak.

11. Meningkatkan Kesuburan

Khusus bagi Kalian para pria, aktivitas seksual yang rutin bersama pasangan turut berperan dalam meningkatkan kualitas sperma, lho. Tak cuma itu, manfaat berhubungan intim juga buat menyeimbangkan hormon serta mengatur siklus haid pada wanita, yang mana hal ini juga baik buat kesuburan.

12. Memperpanjang Usia

Sebuah studi yang dilakukan di negeri Kangguru, Australia menemukan fakta Jika orang yang setidaknya mengalami orgasme 3 kali seminggu mempunyai harapan hidup 50 persen lebih tinggi Dibanding mereka yang cuma orgasme sebanyak 1 kali dalam sebulan.

Ingin mendapatkan manfaat berhubungan intim buat memperpanjang umur? Rajin-rajinlah berhubungan badan dengan pasangan Anda, ya!

13. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat hubungan intim juga bisa menurunkan serta mengontrol tekanan darah. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia. Dikatakan dalam penelitian tersebut Jika pria serta wanita yang rutin melakukan hubungan seksual mempunyai tekanan darah yang stabil dibandingkan mereka yang jarang berhubungan badan.

14. Memperkuat Tulang

Hubungan intim yang teratur dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Dengan begitu, potensi penipisan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis bisa diatasi.

Demikian pula dengan pria. Berhubungan badan efektif dalam meningkatkan hormon testosteron. Kadar hormon testosteron yang mencukupi tentu membuat tulang enggak rentan terhadap penyakit sepreti osteoporosis.

15. Menghindari Kanker Prostat

Sekali lagi buat Kalian para pria. Melakukan hubungan intim secara rutin memberikan manfaat jangka panjang yakni terhindar dari kanker prostat. Sebuah penelitian di Nottingham University menemukan fakta Jika pria yang aktif berhubungan seks mempunyai risiko terkena kanker prostat yang sangat kecil. Jangan sia-siakan manfaat seks yang satu ini, ya.

Manfaat hubungan Intim Banyak, Terapkan Seks Sehat serta Imbangi dengan Nutrisi

Manfaat bercinta secara intens ada banyak. Namun, hal ini juga perlu diimbangi dengan perilaku seks yang aman serta sehat. tidak cuma itu, imbangi juga aktivitas seksual Kalian tersebut dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, serta jauhi kebiasaan enggak sehat seperti merokok serta minum alkohol. Jadi, Telah siap bercinta dengan istri maupun suami Kalian malam ini? Semoga menyenangkan!
Komentar

Tampilkan

Terkini