Mengapa Olahraga Sangat Penting Untuk Lansia Yang Memiliki Penyakit Jantung

Ridhmedia
14/10/19, 15:04 WIB

Mengapa Olahraga Sangat Penting Untuk Lansia Yang Memiliki Penyakit Jantung Mengapa Olahraga Sangat Penting Untuk Lansia Yang Memiliki Penyakit Jantung
Sumber: Pixabay

RIDHMEDIA - Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung, tetapi untuk lansia perlu waspada karena bisa menjadi cedera.

Sebuah penelitian menunjukan  bahwa rutin berolahraga akan membuat seseorang mendapatkan manfaatnya.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian baik bagi pria maupun wanita di Amerika Serikat dimana angka kejadiannya 1:4.

Di Amerika Serikat, sekitar 610.000 orang meninggal akibat penyakit jantung dan sekitar 735.000 orang mengalami serangan jantung setiap tahunnya.

Usia diatas 65 tahun lebih rentan terkena penyakit jantung daripada yang muda karena penurunan fungsi jantung seiring bertambahnya usia.

Menurut National Institute on Aging, penyakit jantung dapat mempengaruhi kemampuan lansia bergerak aktif dan memiliki kualitas hidup yang baik secara signifikan.

Penelitian terbaru juga menghubungkan antara olahraga dengan kesehatan mental terlepas dari usia seseorang.

Bahkan, lansia bisa mendapatkan manfaat yang paling banyak dari berolahraga.

Studi tersebut di publish dalam Canadian Journal of Cardiology menyatakan bahwa lansia mendapatkan manfaat fisik dan psikologis paling banyak dari olahraga.

Manfaat Olahraha Bagi Lansia

Olahraga teratur dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, mengatasi stress, meningkatkan efisiensi penggunaan oksigen dalam tubuh serta membantu menurunkan berat badan yang bisa membuat otot jantung teegang.

Olahraga dapat membantu seseorang dalam pemulihan pwnyakit jantung bahkan mengurangi penggunaan obat.

Semakin bertambah usia, semakin tinggi resiko komplikasi dan semakin mempercepat penurunan kondisi fisik.

Peneliti menyimpulkan bahwa "penuaan yang dikaitkan dengan beberapa faktor seperti peningkatan inflamasi atau stress oksidatif yang mempengaruhi orang terhadap penyakit kardiovaskular.

Akibatnya, pasien lansia biasanya kurang fit jika dibandingkan dengan pasien lain yang berusia lebih muda".


Sumber: Medical News Today
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+